Amerika Serikat Rilis Gambar Baru Virus Corona China Covid-19 – CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Rocky Mountain Laboratories (RML) yang berlokasi di
National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), 
Amerika Serikat merilis gambar 
virus corona novel (COVID-19).

Para peneliti di RML mencitrakan sampel virus dan sel yang diambil dari salah satu pasien warga negara Amerika yang terjangkit corona menggunakan dua jenis mikroskop resolusi tinggi yaitu mikroskop elektron pemindaian dan transmisi.

Gambar yang menggunakan mikroskop elektron pemindaian menunjukkan virus corona (berwarna kuning) berada di antara sel-sel manusia (yang digambarkan dengan warna biru, merah muda, dan ungu).

Dilansir Live Science seperti dikutip situs resmi NIAID, peneliti mengatakan COVID-19 terlihat mirip dengan virus corona sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) yang muncul pada 2012 silam.

Tak hanya mirip dengan MERS-CoV, COVID-19 pun diklaim mirip virus corona sindrom pernafasan akut (SARS-CoV) yang pertama kali muncul tahun 2002.

Sebab, ketiganya masih berada di dalam keluarga yang sama yakni keluarga virus corona. Kata Corona sendiri diambil dari Bahasa Latin yang artinya ‘mahkota’.

“Kebanyakan virus corona apapun akan memiliki penampilan seperti mahkota. Maka dari itu virus ini dinamakan corona yang diambil dari Bahasa Latin,” tulis peneliti.

[Gambas:Video CNN]

Korban meninggal akibat virus corona di seluruh dunia hingga hari ini, Senin (17/2) telah menyentuh angka 1.770. Korban terbanyak merupakan penduduk di Provinsi Hubei, China, tepatnya di Wuhan yang menjadi sumber penyebaran virus corona pertama kali pada Desember 2019.

Komisi Kesehatan Provinsi Hubei melaporkan setidaknya ada 1.900 kasus baru. Dengan demikian, jumlah warga Hubei yang terinfeksi virus corona mencapai 58.182 kasus. Di seluruh dunia, virus corona telah menginfeksi 71.204 orang.

Di luar China, virus corona menyebar hampir ke 30 negara dengan lima orang meninggal, yakni di Taiwan, Prancis, Hong Kong, Filipina, dan Jepang.

[Gambas:Youtube]
(din/DAL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020