Apple Akan Kembangkan Antena 5G Sendiri – Suara.com


<!–

–>

Suara.com – Apple disebut akan mengembangkan antena 5G sendiri yang akan digunakan pada iPhone di masa depan, demikian diwartakan oleh Fast Company baru-baru ini.

Pada iPhone-iPhone sebelumnya, Apple biasa menggunakan antena buatan Qualcomm. Tetapi menyambut era 5G, raksasa gadget asal Amerika Serikat itu tampaknya ingin lebih mandiri.

Untuk menangkap sinyal jaringan internet generasi kelima tersebut, iPhone 5G akan memadukan antena buatan Apple dengan modem Qualcomm X55.

Terkait alasan penggunaan antena sendiri daripada Qualcomm, Apple sepertinya terganjal dua hal. Pertama, implementasinya akan menghasilkan bentuk iPhone dengan desain lebih tebal daripada yang Apple inginkan. Kedua, Apple harus membayar lebih banyak royalti kepada Qualcomm.

Namun jika berkaca pada masa lalu, keputusan Apple untuk menggunakan antena buatan sendiri sebenarnya pernah dilakukan. Hanya saja, keputusan itu berakhir buruk.

Pasalnya ketika iPhone 4 meluncur, Apple sempat diserang tagar #antennagate karena antena yang terpasang pada ponsel itu tidak bisa menerima sinyal dengan baik.

Bahkan saat itu, Apple angkat suara dan membela diri bahwa pelemahan sinyal adalah hal yang lumrah terjadi. Walau demikian, mereka memberikan casing khusus untuk memperkuat sinyal iPhone 4 karena memang bermasalah.

“Setiap smartphone memiliki antena seluler. Dan hampir tiap smartphone bisa kehilangan sinyal saat Anda memegangnya dengan cara tertentu. Untuk membuktikannya, kami telah mengetes iPhone 4 bersama smartphone lainnya,” kata pihak Apple saat itu.

Belajar dari kesalahan tersebut, sepertinya Apple kembali percaya diri untuk membuat antena sendiri untuk iPhone 5G yang konon bakal meluncur pada September mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020