Detasemen 9 Game Shooter Buatan Developer Asal Sulawesi Utara – Medcom ID

Jakarta: Developer sport lokal tidak melulu ada di Pulau Jawa seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, maupun Surabaya. Kehadiran nama Massive Dade jadi bukti bahwa minat mengembangkan sport juga ada di kawasan Manado, Sulawesi Utara.

Massive Dade merupakan startup developer sport asal Manado, Sulawesi Utara. Menariknya tim di dalamnya berlatar belakang dosen dan mahasiswa hingga tentara dan polisi. Kolaborasi di dalamnya berhasil membuahkan sport baru bernama Detasemen 9.

Lewat rilis yang diterima, dijelaskan bahwa Detasemen 9 adalah sport dengan style
cell cowl shooter.
Gameplay yang disajikan serupa dengan sport tembak menembak lainnya tapi di sini dilengkapi gerakan
cowl atau berlindung dan menembak dari posisi perlindungan.

Detasemen 9, Game Shooter Buatan Developer Asal Sulawesi Utara

Sekilas, gameplay ini akan serupa dengan Tom Clancy’s The Division 2 milik Ubisoft. Di sport Detasamen 9 gaya bermain ini akan menuntut tim untuk mengatur strategi, tidak sekadar maju dan menembak.

Di dalamnya pemain juga akan menerima jumlah peluru yang terbatas alias tidak akan bertambah semalam permainan berlangsung. CEO Massive Dade, Andria Wahyudi yang juga dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kablat berharap sport ini bisa ikut membangun industri sport dan esports di Indonesia.

“Saat ini diperkirakan ada sekitar 40-60 juta pemain sport esports di Indonesia, tapi sayangnya gim yang populer saat ini bukan merupakan sport buatan lokal. Detasemen 9 mencoba mengambil pasar ini dan memenangkan persaingan di dalam negeri,” tuturnya.

Detasemen 9, Game Shooter Buatan Developer Asal Sulawesi Utara

Recreation Detasemen 9 saat ini masih dalam tahap closed beta dan rencananya akan dirilis pada 17 Agustus 2020 di Android. Saat ini Massive Dade bermarkas di Laboratorium Riset Pengembangan Recreation di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat.

Sebelumnya Massive Dade juga sudah merilis sport bergenre first individual shooter bernama Manguni Squad yang sudah dimainkan sebanyak 48.000 consumer dari 92 negara.

(MMI)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X