Dinamai Sosok Misterius dari Brasil, Ilmuwan Bingung Corona Belum Teratasi Kini Muncul Yaravirus – galamedianews.com

Virus corona atau covid-19 belum teratasi, kini sejumlah ilmuwan dibuat “bingung” oleh temuan terbaru. Dikutip dari DailyMail kemarin, virus misterius yang belum pernah dilihat sebelumnya itu disebut berasal dari  sebuah danau di Brasil.

Saat ini mereka menamai virus ini Yara. Sosok dari kisah mitologi yang tak kalah misterius yaitu putri duyung bernama Yara yang kerap memikat para prajurit hingga memasuki kedalaman air sampai mati.

Yaravirus membuat membuat para ilmuwan kebingungan karena tidak terhubung dengan virus lain di dunia. Para peneliti menemukan lebih dari 90 persen gen Yaravirus belum dikenali sehingga  menjadikannya “unik”.

Dinamai Yara, sosok misterius dalam cerita rakyat setempat. (net)

Temuan terjadi di tengah wabah virus pembunuh baru di seluruh dunia yang dimulai dari Wuhan, Cina. Covid-19  pertama kali ditemukan pada Desember 2019 dan sejak itu telah membunuh lebih dari 1.000 orang dan menginfeksi lebih dari 44.500.

Yaravirus didokumentasikan  ilmuwan pada bulan Januari lalu setelah tanpa terduga menemukannya di Danau Pampulha, danau buatan di kota Brasil, Belo Horizonte. Mereka mengurutkan genom virus untuk melihat DNA-nya dan total ada 74 gen. Namun hanya enam di antaranya yang dikenali dalam literatur sebelumnya, 68 lainnya belum pernah ada atau masuk klasifikasi orphan genes.

Pencarian lebih dari 8.500 materi genetik dari seluruh dunia dalam database ilmiah tidak memberikan petunjuk mengenai apa pun yang terkait dengan Yaravirus. Tim yang dipimpin Universitas Federal Brasil Minas Gerais, menyebut, yaravirus memperluas pengetahuan tentang keragaman DNA virus.

Ditemukan di danau buatan.

Yaravirus berasal dari makhluk bersel tunggal amuba yang hidup di lingkungan yang lembab. Para ilmuwan berspekulasi yaravirus adalah kasus terisolasi pertama dari kelompok virus amuba yang tidak diketahui. Mereka hanya menuliskan yaravirus memiliki garis keturunan baru virus amuba dengan asal yang membingungkan dan filogeni. Demikian paparan makalah yang diterbitkan server BioRxiv.

Untuk saat ini, yaravirus tidak dianggap sebagai ancaman. Yara tidak dapat ditransfer pada manusia, hanya antaramuba. Laporang Quanta, temuan Yara melengkapi penemuan baru lainnya  pada 2016 – 2019  yang mencapai 195.728.

Dua dari anggota senior tim yang melaporkan yaravirus, ahli virologi Bernard La Scola dari Universitas Aix-Marseille di Perancis dan Jônatas S. Abrahão dari Universitas Federal Minas Gerais Brasil dikenal sebagai peneliti virus unik.

Nyaris tak teridentifikasi.

Dua tahun lalu keduanya menemukan virus air Tupan, yang juga dinamai dewa mitologis di danau Brasil. Tupanvirus merupakan virus raksasa yang terlindungi cangkang protein besar.

Sebelum yara, virus dari “keluarga corona”  baru yang ditemukan pada  Desember 2019 kini bertransformasi menjadi covid-19 dan menyebar dengan rute mematikan. Disebut berawal dari hewan liar pada manusia hingga dari manusia ke manusia bahkan melalui batuk dan bersin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020