Kemenristek Sokong Dana 20 Proposal Penelitian COVID-19 FKUI – Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Ada 20 proposal penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) terkait COVID-19 mendapatkan pendanaan Konsorsium Riset dan Inovasi tahap pertama dari Kemenristek/BRIN senilai Rp 6.950.435.000.

Proposal penelitian berjudul “Penggunaan Umbilical Twine Mesenchymal Stem Cell sebagai terapi pasien COVID-19” dengan peneliti utama adalah Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, SpP(Ok) mendapatkan pendanaan terbesar senilai Rp1,9 miliar.

Pendanaan hibah terbesar lainnya diberikan untuk penelitian berjudul “Transportable Machine Sampling Virus Sars-Cov-2 dari Droplet dan Nafas Ekspirasi” dan “Studi Kohort Persepsi Risiko Penularan dan Tingkat kepatuhan Karantina Rumah, Rumah Sakit atau Fasilitas Rujukan COVID-19 di Indonesia”.

“Complete ada 20 proposal penelitian dari FKUI yang mendapatkan dukungan pendanaan dari Kemenristek/BRIN. Selain penelitian dokter Erlina Burhan, beberapa proposal penelitian lain adalah penelitian Pengembangan Vaksin Sars COV 2 dan penelitian tentang Pengaruh Terapi Klorokuin, Azitromisin dan Suplementasi Jambu Biji Terhadap Eliminasi Virus SARS-CoV-2,”ujar Dekan FKUI, Prof. Ari Fahrial Syam dalam keterangan pers.

 “Serta ada 15 penelitian lain yang hasil penelitiannya kelak diharapkan akan sangat bermanfaat bagi penanganan COVID-19, khususnya di Indonesia,” lanjut Ari dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Terkait penelitian pengembangan vaksin, Ari mengungkapkan bahwa FKUI memiliki pengalaman dalam pengembangan vaksin Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pembuatan vaksin dengan cara complete genome sequencing dapat dilakukan jika jumlah virology yang dimiliki besar. Namun, jika tidak memiliki, maka harus dilakukan kultur yang membutuhkan fasilitas Laboratorium Biosafety Degree-3 (BSL-3). Selain Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan LIPI, FKUI sendiri memiliki pusat riset virus dimana terdapat fasilitas BSL-Three yang saat ini sedang direnovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020