Malware Ini Nggak Ada Obat Jika Sudah Masuk HP Android Korban – Oketekno.com – Inspirasi Berita Teknologi Terbaru

xHelper Ancam HP Android
xHelper Ancam HP Android; Copyright©cybersecAsia

Malware Ini Berbahaya Banget Bagi HP Android

OKETEKNO – Meski sudah diklaim kini memiliki sistem keamanan yang canggih, akan tetapi HP Android masih tetap saja mendapatkan ancaman dari berbagai serangan malware dari luar. Ada banyak sekali jenis malware android yang menargetkan pengguna smartphone.

Dan salah satu yang paling membahayakan yakni xHelper, dimana jenis malware satu ini sangat sulit sekali untuk dihapus. Malware ini telah ditemukan oleh spesialis cybersecurity Malwarebytes pada tahun 2019 silam.

Baca Juga: HP Lokal Ini Hadir dengan Koneksi 4G, Harga Kurang dari Rp 500 Ribu!

Mungkin kalau jenis malware biasa akan langsung hilang ketika pengguna telah melakukan factory reset yang menghapus seluruh data smartphone yang ada di dalamnya. Akan tetapi kalau xHelper ini tidak demikian, sebab tetap akan ada di dalam perangkat korban meski sudah melakukan factory reset sekalipun.

xHelper
xHelper; Copyright©Balog18

Untuk xHelper ini sendiri telah berada di posisi puncak pada panel deteksi Malwarebytes dengan korban lebih dari 33.000 instalasi oleh pengguna HP Android. Dan di bulan Januari 2020 kemarin, ada laporan yang menyebutkan bilamana korban sudah melakukan factory reset namun gagal.

Baca Juga: Melihat Skill Adiknya Irithel di Mobile Legends yang Lebih Mematikan

Korban telah mencoba menghilangkan malware xHelper ini dengan menghapus 2 varian malware, namun malware tersebut telah kembali lagi dalam waktu sejam. Dengan demikian, ia memutuskan melakukan factory reset dengan maksud membasmi malware android itu, namun tidak berhasil juga.

Dan pada akhirnya peneliti Malwarebytes telah mengidentifikasi sumber untuk infeksi berulang itu. Hingga pada akhirnya ditemukan folder di telepon yang memuat file mencurigakan, dan ditemukan pula APK com.mufc.umbtts directory.APK itulah yang memasang kembali xHelper pada ponsel.

Sedangkan untuk membersihkannya sendiri pengguna HP Android perlu menghapus beberapa direktori dan file terlebih dahulu, serta jangan lupa menonaktifkan Google Play Store terlebih dahulu. Namun pengguna harus berhati-hati, karena nama file antara satu perangkat dengan yang lain bisa saja berbeda, dan kalau sampai salah hapus malah bisa membuat kegagalan sistem.

baca juga: Membandingkan Samsung Galaxy S20 Ultra dan iPhone 11 Pro Max di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020