MediaTek Dimensity 820 dengan Dukungan 5G Resmi Diluncurkan – DroidLime

MediaTek secara resmi akhirnya meluncurkan chipset terbarunya Dimensity 820. Ini adalah chipset versi Dimensity 800 yang lebih kuat. Dibandngkan dengan pendahulunya, versi erbaru ini mengalami peningkatan kinerja CPU dan GPU sera meningkatkan konektivtas 5G.

Dimensity 820 masih jadi SoC buatan MediaTek yang diramu dengan fabrikasi 7nm dengan empat core Cortex-A76 dan empat core Cortex-A55. Perbedaannya adalah bahwa core A76 besar berjalan pada clock yang lebih tinggi, 2,6 GHz. Selain itu, chipset ini juga dapat erintegrasi dengan RAM LPDDR4x hingga 16 GB.

GPU Mali-G57 yang ada di dalam chipset ini juga mendapat inti tambahan, sekarang menjadi 5. Ini akan menawarkan sport lebih dekat ke refresh charge 120 Hz yang didukung oleh chip. Harus diakui, ini bukan “chipset smartphone gaming” seperti Dimensiy 1000+, tetapi akan jadi pilihan yang menarik untuk perangkat mid-range.

Sayangnya, chipset ini dibatasi untuk resolusi layar FullHD+. Sementara, modem telah ditingkatkan untuk menghubungkan dua kartu SIM ke jaringan 5G, lengkap dengan dukungan VoNR. Lalu, bagaimana jika Dimensity 820 dibandingkan dengan chipset sekelasnya yang diawatkan oleh Qualcomm?

Satu hal yang cukup menarik, MediaTek begitu percaya diri untuk membandingkan Dimensity 820 yang mereka kembangkan dengan Snapdragon 765G, bukan dengan Snapdragon 768G. Seperti yang kita tahu, Qualcomm juga mengemas 768G dengan peningkatan clock velocity yang cukup signifikan.

Namun, bagaimanapun dalam pengujian GeekBench 4.2 menunjukkan bahwa Dimensity 820 punya kinerja CPU yang lebih tinggi (+7% single-core, +3% multi-core). Sementara, GPU juga sudah mampu mengelola body charge 33% lebih tinggi dalam pengujian di GFXBench Manhattan 3.0.

Dari atas panggung peluncuran, MediaTek juga menjanjikan bahwa Dimensity 820 punya penggunaan daya yang lebih rendah untuk 5G dan tiga kali lipat kinerja NPU. Redmi sepertinya akan jadi pabrikan smartphone pertama yang bakal menggunakan Dimensity 820. Kita tunggu saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *