Pakai Sarung Tangan saat Belanja Bulanan? Tidak Perlu! – Suara.com


Suara.com – Pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk mulai hidup berdampingan dengan virus corona Covid-19. Hal ini tak terlepas dari skenario new regular yang akan diterapkan pada Juni besok.

Namun dengan angka kasus yang belum juga melandai, banyak masyarakat mungkin takut untuk memulai aktivitas di luar ruangan. Sehingga memilih untuk melakukan proteksi lebih, salah satunya mengenakan sarung tangan saat belanja.

Namun apakah hal tersebut diperlukan?

Jawabannya adalah tidak. Dilansir dari Occasions of India, sarung tangan bukan solusi langsung untuk mengurangi risiko infeksi Covid-19.

Facilities for Illness Management and Prevention (CDC) sendiri belum membuat rekomendasi seperti itu kecuali dalam situasi tertentu seperti sebelum menyentuh tombol atau pegangan pompa fuel, membersihkan dan mendesinfeksi permukaan, menangani cucian kotor atau sampah dari seseorang yang memiliki virus.

Bahkan dalam keadaan ini, sarung tangan hanya efektif ketika mereka dibuang dengan benar, diikuti oleh cuci tangan. Tetapi ketika digunakan untuk ke toko bahan makanan, sarung tangan benar-benar tidak efektif.

Ilustrasi sarung tangan dan masker (Pixabay)
Ilustrasi sarung tangan dan masker (Pixabay)

Sebab, ketika Anda mengenakan sarung tangan dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi, virus akan berpindah ke sarung tangan.

Selain itu, sarung tangan memberikan rasa aman palsu dan orang-orang terus menyentuh segala sesuatu seperti wajah dan mulut mereka, yang dapat menyebabkan kontaminasi diri. Jadi, sarung tangan tidak memberikan perlindungan apa pun.

Bagian paling sulit dari mengenakan sepasang sarung tangan adalah ketika Anda harus melepasnya. Jika tidak berhati-hati, kuman dapat dipindahkan ke tangan dan bagian lain tubuh Anda.

Ketika Anda melepas sarung tangan, sarung tangan tersebut harus dibuang dengan benar dan kemudian Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.

Ilustrasi belanja bahan makanan. (Pexels)
Ilustrasi belanja bahan makanan. (Pexels)

Kesimpulannya, sarung tangan tidak mengurangi risiko terkena Covid-19.

Ketimbang memakai sarung tangan, sebaiknya pakai masker dan siapkan daftar belanja sehingga Anda dapat membeli apa yang diperlukan dan dapat keluar dengan cepat.

Demi keamanan, bersihkan tangan Anda dengan pembersih dan usap pegangan keranjang belanja dengan disinfektan. Hindari menyentuh produk apa pun yang tidak ingin Anda ambil. Setelah kembali ke rumah, cuci tangan dengan benar selama 20 detik dan juga bersihkan ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *