Pasutri Positif Corona Ditolak Warga, Bayinya yang Negatif Ikut Dibawa ke RS – Kompas.com – KOMPAS.com

KUPANG, KOMPAS.com – Pasangan suami (pasutri) yang positif corona (Covid-19) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dievakuasi dari kediaman mereka ke Rumah Sakit (RS) SK Lerik.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest S Ludji mengatakan, evakuasi dilakukan atas desakan warga yang menginginkan suami istri itu dirawat di rumah sakit.

Menurut Ernest, saat dievakuasi, keduanya membawa pula bayi mereka yang berusia 1,eight tahun. Bayi tersebut negatif corona. 

Baca juga: Sedang Ramai Telur Infertil, Puluhan Ribu Butir Telur Ditolak Masuk Bangka

Terpapar corona dari transmisi lokal

Ernest menyebut, pasangan suami istri itu menjalani isolasi di rumah mereka, karena tidak menunjukkan gejala sehingga oleh gugus tugas ditetapkan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Namun kata Ernest, keduanya tetap dalam pemantauan tim medis setempat.

“Keduanya terjangkit virus corona, lewat transmisi lokal,”ungkap Ernest, saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (13/6/2020) pagi.

Baca juga: Kisah Tragis Pemuda Bengkulu, Kritis karena Kecelakaan, Ditolak four Rumah Sakit lalu Meninggal

Ernest mengatakan, sesuai Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid-19 Revisi ke four Tahun 2020, mereka yang dikategorikan OTG dapat diisolasi di rumah dengan pantauan ketat oleh gugus tugas melalui puskesmas setempat.

“Evakuasi dilakukan demi menjawab tuntutan warga sekitar karena mereka khawatir ikut tertular virus,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020