Pentingnya Konsumsi Makanan Asam Folat Sebelum Hamil – Okezone

MAKANAN yang mengandung asam folat harus dikonsumsi setiap perempuan. Selain mempercepat proses kehamilan, ada juga manfaat lainnya.

Selain makanan yang mengandung asam folat, ada pula beberapa nutrisi mikronutrien lainnya yang harus dipenuhi jika ingin segera hamil. Kaum hawa harus memerhatikan supaya kesehatan tubuh Anda selalu terjaga.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Thomas Chayadi, SpOG, dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah, menjelaskan tiga asupan mikronutrien yang dibutuhkan perempuan sebelum hamil. Ini dia ulasan singkatnya, lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Asam folat

bumil

Kadar asam folat yang rendah dihubungkan dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stres oksidatif dan kematian sel. Hal-hal tersebut dapat menggangu proses perkembangan sel telur.

Oleh karena itu penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Seperti sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah beit. Atau konsumilah suplemen asam folat, bila ingin cepat hamil maupun bila sudah hamil.

Vitamin D

ilustrasi

Vitamin D berperan penting dalam reproduksi manusia. Kadar vitamin D yang rendah berhubungan dengan kadar hormone androgen yang tinggi, khususnya pada perempuan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Vitamin D dapat diperoleh dengan berjemur pada sinar matahari pagi dan makanan, seperti minyak ikan cod, salmon, tuna, sarden, hati sapi dan jamur kancing.

Zat besi

bumil

Zat besi juga berperan penting dalam ovulasi. Pada perempuan dengan anemia, defisiensi besi dan kadar ferritin yang rendah, sering dijumpai pada perempuan dengan gangguan kesuburan.

Makanan yang mengandung zat besi terdapat pada daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, sayur berdaun gelap atau hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020