Pisang Aman untuk Penderita Diabetes? – SINDOnews.com

loading…

JAKARTA – Salah satu buah yang diragukan untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah pisang karena rasanya yang manis. Banyak diabetasi yang menghindari konsumsi buah berwarna kuning ini. Benarkah pisang harus dihindari?

Bedasarkan sebuah penelitian, ada kaitan antara pisang dan diabetes, dimana serat yang ada dalam pisang mentah dapat membantu mengurangi glikemia sehingga bisa mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

Pisang juga dikenal dapat membantu mengelola penyakit gastrointestinal, membantu mengatur berat badan, menangani komplikasi ginjal dan hati, mencegah penyakit kardiovaskular bahkan banyak penyakit kronis lainnya.

Pisang memiliki indeks Glikemik rendah dimana dapat mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba setelah dikonsumsi. Sementara Dalam diabetes, karena adanya resistensi insulin, kadar glukosa dapat melonjak karena ketidakmampuan tubuh untuk mengubahnya menjadi sumber energi.

Oleh karena Itu penderita diabetes harus membatasi asupan karbohidrat untuk mengelola kondisi tersebut. Dari hal tersebut, sudah jelas bahwa bukan pisang yang menyebabkan peningkatan atau penurunan glukosa dalam tubuh, tetapi complete asupan karbohidrat.

Para penderita diabetes dapat mengatur jumlah kalori dengan menghindari makanan kaya karbohidrat lainnya, dengan melakukan ini mereka juga bisa mendapatkan manfaat nutrisi dari pisang.

Perlu diketahui, pisang dianggap aman untuk penderita diabetes selama mereka mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup mengingat kondisi kesehatannya.

Selain itu, pisang juga dianggap sebagai salah satu buah yang bergizi, karena mengandung banyak vitamin, mineral juga protein dan antioksidan. Buah yang memiliki kulit warna kuning ini juga merupakan sumber karbohidrat sehat yang baik dan camilan yang lezat dan sehat.

Seperti dilansir Boldsky, pisang aman untuk penderita diabetes karena adanya beberapa kandungan sebagai berikut.

Serat
Serat makanan dalam pisang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat oleh tubuh, sehingg dalat memperlambat juga proses pencernaan dan mencegah kenaikan glukosa secara tiba-tiba dalam darah dan mampu mengelola kondisi diabetes.

Pati resisten
Kandungan pati resisten dalam pisang mentah dikenal dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kenaikan glukosa setelah makan.

Vitamin B
Neuropati Saat diabetes, kondisi neuropati juga sering dijumpai, ini adalah kondisi di mana saraf mengalami kerusakan karena gula darah tinggi. Neuropati terjadi karena kekurangan vitamin B6 dan pisang sangat efektif untuk memeranginya karena banyak mengandung vitamin B6.

(tdy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *