Sebagian Besar Penularan Covid-19 di Solo Merupakan Transmisi Lokal | merdeka.com – merdeka.com

Merdeka.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo Ahyani mengatakan dari 29 kasus Covid-19 di Solo, 18 di antaranya merupakan transmisi lokal. Menurut dia, kondisi tersebut harus menjadi perhatian bersama.

“Dari 29 terkonfirmasi itu ternyata sebagian besar, dua pertiga itu transmisi lokal. Itu jadi perhatian kita bersama. Teman-teman jaga diri ke masyarakat, karena transmisi lokal itu juga karena kumpul-kumpul,” ujar Ahyani, Rabu (20/5).

Penularan diperkirakan melalui kontak dengan orang yang terpapar maupun orang tanpa gejala. Sehingga masyarakat diharapkan tetap bisa menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Termasuk pelaksanaan salat Id yang tetap harus dilakukan di rumah saja.

“Kita peduli kepada keluarga kita, peduli kepada orang lain. Sungkeman pun juga sama, jangan-jangan di badan kita membawa benih-benih wabah penyakit. Jangan sampai menulari orang tua kita, menulari anak-anak kita,” katanya.

Ahyani menyampaikan, kasus positif Covid-19 di Solo kini tinggal four orang yang masih dirawat di rumah sakit. 21 pasien sembuh dan four lainnya meninggal dunia.

Sementara itu hasil fast check terhadap sejumlah pedagang pasar tradisional dinyatakan negatif. Dari sekitar 10 pedagang di Pasar Harjodaksino, Pasar Gede dan Pasar Legi, tak satupun yang dinyatakan reaktif. Ahyani menjelaskan, para pedagang pasar yang menjalani fast check tersebut merupakan hasil tracing dari pasien positif Corona.

“Yang pasar, yang kemarin fast check itu, Alhamdulillah hasilnya negatif. Pasar Harjodaksino, Pasar Gede dan Pasar Legi ada sekitar 10, hasilnya tidak ada yang positif,” tutup dia. [cob]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *