Stres Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah, Lakukan 3 Cara Mencegahnya – Jawa Pos

JawaPos.com – Stres adalah pusatnya penyakit. Semua penyakit umumnya bisa muncul. Apalagi semua kaum urban saat ini terlalu sibuk dan stres dengan berbagai macam tuntutan dan tugasnya. Hati-hati, stres juga bisa meningkatkan kadar gula darah.

Stres bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan hipertensi. Apalagi jika Anda memang seorang penderita diabetes, stres bisa lebih berbahaya.

Diabetes membutuhkan manajemen kadar gula darah yang konstan. Anda harus sangat berhati-hati tentang berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kadar gula darah, terutama makanan. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan beberapa komplikasi.

Selain diet, beberapa faktor lain dapat memengaruhi kadar gula darah. Stres juga dikaitkan dengan diabetes. Kondisi yang stres dapat mempengaruhi kesehatan penderita diabetes dengan berbagai cara.

Jika Anda penderita diabetes, saat stres kadar gula darah bisa fluktuatif. Hormon stres secara langsung memengaruhi kadar glukosa.

Dilansir dari NDTV, Minggu (16/2), studi telah mengamati kadar gula darah tinggi pada orang dengan diabetes tipe-2. Berbagai penelitian lain juga mengklaim bahwa stres dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Stres juga dapat mempengaruhi faktor-faktor lain yang dapat memperburuk diabetes. Stres dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Pola tidur saat stres juga bisa terganggu. Tidur yang buruk dapat mengganggu kadar glukosa. Stres juga dapat membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Berat badan yang tidak sehat juga membuat tubuh mengelola kadar gula darah yang sehat.

Lalu bagaimana dong cara terbaik untuk mengelola stres? Apalagi jika Anda memang punya riwayat diabetes atau gula darah tinggi? Manajemen stres sangat penting untuk melawan beberapa komplikasi.

1. Tetap Atur Pola Makan

Kebanyakan penderita diabetes terlalu ketat tentang apa yang harus dimakan untuk menjaga kadar gula darah yang sehat. Perencanaan dapat membantu melawan stres ini. Anda dapat merencanakan pola dan jenis makanan untuk mengetahui apa yang harus dimakan dan kapan. Konsultasikan dengan dokter.

2. Berolahraga lebih sering

Olahraga baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga untuk kadar gula darah. Olahraga dapat membantu mengalahkan stres serta mengelola kadar gula darah yang sehat. Bukan hanya penderita diabetes setiap individu harus berolahraga secara teratur. Anda juga dapat mencoba meditasi.

3. Tetap Positif

Stres dapat memperburuk diabetes. Oleh karena itu terima fakta saat ada masalah dan beri diri cukup waktu untuk beradaptasi dengan perubahan ini.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020