Yamaha Pernah Punya Supercar, Begini Modelnya – Indozone.id

INDOZONE.ID – Raksasa sepeda motor asal Jepang, Yamaha rupanya telah memiliki niat untuk memiliki supercar sejak period 90-an. Yamaha dikabarkan memasok mesin untuk Components 1 bermitra dengan konsultan teknik bahasa Inggris IAD dan mengadirkan prototipe supercar bernama OX99-11.

Mobil ini diracik pada tahun 1992, saat Yamaha gencar-gencarnya memiliki keinginan untuk membuat mobil sport menggunakan teknologi Components 1 dengan OX99-11 V12. Mobil ini menggendong mesin V12 3,5 liter yang menghasilkan energy 400 hp yang dikawinkan dengan gearbox guide 6-percepatan. Sayang mobil tersebut tak pernah diproduksi.

Bertolak dari pengalamannya pada tahun 1992, pada tahun 2020 ini beredar rumor bahwa Yamaha ingin kembali membangun penerus OX99-11. Menanggapi rumor ini, seorang desainer brilian asal Italia, Gaspere Conticelli telah membayangkan penerus supercar Yamaha yang disebutnya OX-2020, melansir dari Carscoops, Senin (29/6/2020)

Sama seperti OX99-11, rancangan desain bakal mobil Yamaha ini menarik karena bahasa desainnya masih melanjutkan mannequin sebelumnya. Kesamaan yang paling menonjol adalah pada bumper depan yang berfungsi sebagai sayap di ujung depan, sekaligus menghasilkan downforce yang ban depan ke permukaan jalan.

Rancangan ini dimaksud untuk mewakili, merek motor asal Jepang tersebut untuk mulai menggerakkan sumber dayanya jika ingin punya mobil berkelas. Karena mereka telah memiliki pengalaman masa lalu, walaupun mobil OX99-11 saat itu tak melantai di lintasan balap atau diproduksi.

Dari gambar ilustrasi Gaspere Conticelli, mobil ini memiliki kemiripan pada semua sisi mulai dari desain sharp pada bagian depan hingga lekukan kas mobil balap di bagian belakang dengan ventilasi pendingin yang tipis pada penutup mesin dan barisan lampu belakang.

Meskipun desain ini telah menarik perhatian publik, namun otoritas Yamaha belum memberikan tanggapan resmi. Namun rumor ini paling tidak membangkitkan memori bagi Yamaha maupun penggemarnya bahwa mereka pernah punya prototipe supercar yang gahar.


Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Zitub.com 2020